HeadlineJelajah

Mulai Mengular Antrian Solar di Sejumlah SPBU, Jelang Rencana Kenaikan BBM

Antrian panjang terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di jalan Trunojoyo Tambakbayan Rabu 31 Agustus 2022  pasca pemerintah merencanakan menaikkan harga BBM. 

Sutrisno, sopir ekspedisi mengatakan dirinya antri hingga setengah jam untuk mengisi solar. Warga Kabupaten Nganjuk menjelaskan sudah mencari 7 SPBU untuk memperoleh solar mulai Nganjuk, Madiun hingga Ponorogo. 

Hanya satu SPBU Trunojoyo di Kabupaten Ponorogo yang masih ada solarnya. Masih kata Sutrisno, kekosongan solar terjadi sejak kemarin. Menurutnya, pembelian solar pun dibatasi hanya boleh membeli maksimal Rp 150 ribu. Padahal biasanya mobilnya diisi Rp 200 ribu. Dirinya mulai antri mencari solar sejak 3 pekan lalu. Dirinya mengaku bahwa biasanya sebelum ada isu BBM naik mudah mencari solar.

Sementara itu Subroto supervisor SPBU Trunojoyo, mengaku bahwa ada antriannya baru saat ini ada mulai pukul 06.00 WIB. Kalau pembatasan untuk solar boleh beli pakai jerigen. Tetapi harus ada surat dari kelurahan atau desa, satu orang tidak boleh dari 50 liter.

Sekadar informasi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemungkinan bakal mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Hal ini dilakukan pemerintah untuk menekan beban subsidi di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).