Tak Biasa , Lomba Agustusan Unik Versi Warga Desa Selur Sadap Getah Pinus

Kalau biasanya memperingati HUT RI, warga kerap menggelar lomba-lomba seperti tari tambang, makan krupuk, atau sundul balon air ,  kali ini ada yang beda, tempatnya di desa Selur kecamatan Ngrayun, bekerjasama dengan Perhutani, menggelar lomba agustusan dengan menyadap getah pinus dari lahan perhutani .  Ganjaran hadiahnya mencapai belasan juta rupiah .


Kades Selur  Suprapto, menjelaskan, lomba ini sesuai dengan keseharian warganya yang mayoritas sebagai penyadap getah pinus, sekaligus sebagai salah satu program untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional . Bekerja sambil berlomba, kalau menang maka uang jutaan rupiah masuk ke kantong .

Dijelaskan lomba ini berbasis kelompok yang terbagi menjadi 3 kategori target kuantitas berat getahnya, kriteria lain yakni kekompakan dan keaktifan kelompok melakukan tugasnya .  Suprapto menambahkan di Selur ada 17 KKP atau kelompok, berdasarkan pembagian wilayah. Perlombaan digelar dua tahap, periode 1 hingga 15 Agustus 2022 dan periode 15 hingga 31 Agustus 2022 .