Jelajah

Reyog Ponorogo Akan Tampil Dalam HUT RI ke-77 di Istana Negara Jakarta

Ponorogo boleh bangga. Di hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-77,  Reyog Ponorogo mendapat undangan khusus dari istana negara untuk tampil dalam upacara 17 Agustus 2022.

Kesempatan langka tersebut disampaikan Yudha Slamet Sarwo Edi, kepala dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga – Disbudparpora dimana selain membawa dadak merak untuk reyog juga mengirim sekitar 175 personel, yang terdiri dari 150 penari dan 25 pemusik.

Selama satu bulan ini mereka sudah dilatih secara khusus untuk tampil memukau di Istana Negara Jakarta, apalagi mendapatkan nomor pertama. Reyog Ponorogo hanya diberi waktu sekitar 12 menit untuk unjuk gigi dan membentuk formasi Ganongan 17 orang, penari Jathil 45 orang dan Waroknya 45 orang.

Adapun mereka yang ikut dalam event nasional tersebut diambilkan dari sanggar-sanggar tari, kemudian dilakukan audisi untuk mencari yang terbaik. Nantinya mereka yang sudah tampil dalam peringatan HUT proklamasi kemerdekaan 17 Agustus di istana tersebut, akan mendapatkan sertifikat yang tentunya menjadi kebanggaan tersendiri. Sesuai rundown, tanggal 13 Agustus nanti rombongan berangkat dari Ponorogo menuju ibu kota.