Puluhan Ribu Santri dan Masyarakat Meriahkan Pawai 10 Ribu Obor Memperingati Hari Santri 2022

Rintik gerimis tak menyurutkan semangat Puluhan ribu santri dan masyarakat Kabupaten Ponorogo memeriahkan pawai 10 ribu obor, dalam rangka memperingati Hari Santri 2022, Kamis (20/10) malam. Mereka mengangkat obor tinggi-tinggi sambil melantunkan shalawat nabi.


Pawai tersebut dimulai dari tiga titik yaitu perempatan Tambakbayan, Jl. HOS Cokroaminoto dan Jl. Yos Sudarso. Ketiganya finish di titik yang sama yaitu Alun-Alun Ponorogo untuk selanjutnya mengikuti pengajian dari ulama, Gus Muwafiq. Para peserta pawai obor juga nampak seragam mengenakan kostum hitam putih, bahkan para santriwati menambahkan aksesoris bendera merah putih sebagai ikat kepala dan juga hiasan di kerudung.

Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo mengatakan pawai 10 ribu obor ini digelar untuk menandai Hari Santri Nasional 2022. Menurutnya para santri adalah generasi penerus kiai yang dahulu memperjuangkan kemerdekaan, sehingga pawai obor ini juga sebagai pengingat bahwa dulunya para santri juga menjadi pilar sumbu kemerdekaan.

Kang Giri juga berharap dengan rangkaian Hari Santri di Ponorogo bisa mengingatkan generasi muda untuk meneladani nilai-nilai kebangsaan yang diwariskan oleh para kiai.