Agustusan, Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Langit Desa Muneng Balong

Warna-warni peringatan menyambut proklamasi kemerdekaan RI ke-77, mulai terasa di Ponorogo. Di dusun Mberu desa Muneng Balong, kabarnya akan berkibar bendera merah putih raksasa dengan ukuran panjang 10 meter dan lebar 6 meter di area persawahan setempat.


Subandi ketua RT setempat menjelaskan jika bendera ukuran jumbo itu dikirim warganya atas nama Widodo. Yang bersangkutan merupakan penjahit yang tinggal di Jakarta dan antusias agar perayaan kemerdekaan di desanya meriah.Karena tak bisa pulang, maka bendera berserta puluhan umbul-umbul dikirim yang merupakan jahitan sendiri.

Sebenarnya ada rencana jika bendera itu nanti akan dinaikkan secara ceremonial tepat saat 17 Agustus 2022 mendatang. Tapi karena persiapan kurang, akhirnya akan dipasang dengan tiang bambu dan ditancapkan di area persawahan agar dari kejauhan terlihat masyarakat.Sementara Widodo, warga Muneng Balong yang membuat bendera raksasa tersebut mengaku bangga dan bersyukur bisa mengirimkan bendera raksasa dan puluhan umbul-umbul untuk ikut menyemarakkan Agustusan di desanya.

Meski tak bisa pulang kampung tapi sudah merasakan kebahagiaan karena wujud rasa cintanya terhadap Indonesia. Karenanya bendera raksasa itu dibuat sendiri hanya membutuhkan waktu 3 jam. Sebelumnya dirinya juga mengirimkan bendera merah putih ke kampung, namun ukurannya tidak sebesar tahun ini.