Jelajah

Cerita Ade Baskara Hanafi, Taklukkan 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Sekilas memang kalem, tapi siapa sangka dibalik sosok tersebut terdapat jiwa tangguh dan pemberani. Ade Baskara Hanafi (33), berhasil menaklukan 7 gunung tertinggi di Pulau Jawa dalam waktu dua bulan. Tujuh gunung yang berhasil didaki bersama 19 rekannya dari Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (MAHIPA) Universitas Muhammadiyah Ponorogo yakni Gunung Arjuno, Welirang, Raung, Lawu, Ciremai, Sumbing dan Slamet.

Kepada Gema Surya bapak satu anak itu menceritakan, Pendakian 7 gunung bertajuk ketua pelaksana Seven Summit of Java dalam rangka menyambut 30 tahun Oragnisasi  MAHIPA UMPO. Diantara gunung yang didaki, yang paling ekstrim yakni Gunung Raung. Pasalnya medan yang ditempuh untuk menuju puncak berupa tebing curam dengan batuan besar  dan vegetasi lebat, karenanya selain fisik juga harus menyiapkan mental yang kuat.

Lanjuntya, pendaki  harus melengkapi diri dengan peralatan yang mumpuni,  mulai dari alat panjat, tali karmantel, hardness, carabiner, webbing dan sebagainya. Untuk menuju puncak dia dan kawan-kawannya harus melipir turun jurang yang ekstrem. Ade yang juga bertugas sebagai ketua pelaksana Seven Summit of Java ini pun juga mengungkapkan sulit  mencari sumber air di Gunung Raung. Dari start sampai camp terakhir tidak ada air, sehingga beban bawaan berat dan fisik juga terkuras. Pendakian hingga ke puncak dibutuhkan waktu 6 jam tersebut bukan tanpa rintang, mereka dihadapkan dengan badai angin besar.

Selain Gunung Raung, Ade juga menceritakan saat pendakian di Gunung Arjuno dan Welirang. Kendala tidak hanya pada medan yang sulit tapi juga binatang liar yang ada di gunung. Bahkan tenda dan logistik mereka seperti nasi, sayur dan lauk pauk sempat diserang babi hutan.