HeadlineJelajah

Ajak Anak Menabung, Pemdes Tempuran Sawoo Launching ATM for Future

Semakin banyak desa di Ponorogo yang menerapkan program gerakan menabung sejak dini. Setelah sukses di Desa Bringinan Jambon, dan Sukosari Babadan kini menular ke Desa Tempuran Sawoo. Ahad 31 Juli 2022, Desa Tempuran Sawoo Launching program ATM for Future.

Wisnu, Sekretaris Desa setempat mengatakan pihaknya menggandeng mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mendukung kegiatan tersebut. Diantaranya membuat kotak kayu untuk celengan anak anak. Ada 160 kotak yang dibuat, dan dibagikan kepada 113 anak PAUD/TK dan SD yang diikutkan orang tuanya ikut gerakan menabung. Mereka cukup mengganti celengan dari kotak kayu tersebut sebesar Rp 10 ribu. Uang yang terkumpul itu digunakan untuk biaya operasional kegiatan launching tersebut.

Diakui jika ATM for future tersebut terinspirasi dari bongkar celengan di Desa Bringinan Jambon. Nantinya juga akan dilakukan bongkar celengan jika sudah waktunya dibuka. Untuk pengawasan pihaknya sengaja memberikan segel pada kotak itu serta edukasi kepada orang tua agar mendukung gerakan menabung. Menabung tak harus banyak asalkan bisa rutin tiap hari murni menyisihkan uang jajan anak. Nantinya yang paling banyak hasil nabungnya, paling rutin akan ada reward dari desa.