Jelajah

Baznas Beri Bantuan Pendidikan Untuk Anak Sekolah yang Ortunya Kena Dampak PMK di Pudak

Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) Ponorogo, memberikan bantuan biaya pendidikan bagi 172 anak di kecamatan Pudak yang orang tuanya terdampak penyakit mulut dan kuku – PMK. Rinciannya, 41 anak pelajar SMA, 78 anak pelajar SMP, 45 pelajar SD dan 3 orang mahasiswa.

Agus Setyawan, wakil ketua Baznas menuturkan, untuk besaran bantuan tidak sama, sesuai dengan tingkatan sekolah.Untuk SD 200 ribu rupiah, SMP, 250 ribu rupiah, SMA 300 ribu dan perguruan tinggi 350 ribu rupiah dengan total dana sekitar 43 juta rupiah. 

Bantuan tersebut memang tidak besar jumlahnya namun diharapkan bisa meringankan beban ekonomi orang tua mereka yang usahanya bangkrut karena  ternak sapinya terkena PMK.

Karena anggaran di Baznas sudah banyak terserap di program bulan Juni, maka bantuan yang diterima hanya sekali tersebut rencananya akan diterimakan pada Juli 2022 ini. 

Untuk sementara hanya warga Pudak yang mendapatkan bantuan karena paling parah dan tinggi kasus PMK nya. Hanya saja jika anggaran ada, bisa merata menyentuh wilayah lainnya yang zona merah PMK.