Dindik Siap Tambah Kuota untuk Jalur Zonasi Jika Afirmasi Tidak Terpenuhi

Dinas Pendidikan – Dindik Ponorogo akan menambah kuota jalur zonasi jika kuota jalur afirmasi tidak terserap. Pernyataan itu disampaikan Soiran, Sekretaris PPDB Tingkat Kabupaten, menyusul hingga Kamis (23/6) kuota untuk jalur afirmasi sebesar 15% belum terpenuhi.


Sementara untuk jalur zonasi, pendaftarnya luar biasa. Padahal, kuotanya hanya 50%. Jalur afirmasi sendiri diperuntungkan bagi anak Tenaga Kesehatan (Nakes) yang menangani Covid 19, anak penyandang disabilitas dan anak dari keluarga tidak mampu.

Untuk jalur zonasi dan afirmasi telah dibuka selasa 21 Juni dan ditutup Sabtu 25 Juni 2022 sekitar jam 10.00 WIB. Sementara untuk jalur prestasi dan perpindahan orang tua sudah ditutup dan diumumkan Senin (20). Adapun, yang membedakan untuk jalur prestasi, yang diambil adalah nilai rata-rata rapor untuk 5 semester bukan lagi nilai SKL. Inilah yang kadang jadi pertanyaan wali murid yang heran ketika nilai SKL anaknya bagus tapi tidak diterima masuk sekolah yang dituju. Diakui, jika dalam PPDB secara online sempat ada beberapa trouble karena terkendala jaringan server.

Seperti diketahui untuk PPDB tingkat SMP dibuka mulai 13 Juni dan berakhir 25 Juni 2022. PPDB tingkat SMP Negeri tahun ini membuka seleksi 4 jalur, yakni jalur zonasi 50%, jalur afirmasi 15%, jalur prestasi 30% dan jalur perpindahan 5%. (ia/rl)