Ratusan Guru Honorer Lolos Passing Grade P3K Tapi Tak Dapat Formasi, Lakukan Istighosah di Masjid Agung

Ratusan guru honorer yang lolos passing grade tes Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K) namun gagal karena tidak memperoleh formasi, mengadakan istighosah di Masjid Agung, selasa 21 juni 2022.


 

Widi Kurniawan Ketua Forum Guru Honorer Passing Grade, mengatakan guru honorer tersebut meminta kepada Pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk membuka formasi PPPK tahun ini untuk sejumlah guru yang lulus passing grade. Menurutnya ada 339 guru yang sudah masuk passing grade namun, tak dapat formasi. Jika menurut aturan Menpan RB nomor 20 tahun 2022 mereka tidak perlu untuk tes lagi untuk bisa diangkat menjadi guru PPPK, dan diprioritaskan pertama untuk jika ada formasi. Widi khawatir menjadi persoalan saat ini yakni, formasi di pemkab Ponorogo yang belum pasti. Ratusan guru honorer yang lolos passing grade tersebut  juga sudah mengikuti tes P3K 2 kali.

Sementara Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yang hadir dalam istighosah tersebut menyebut pihaknya akan terus mengawal agar yang sudah masuk passing grade mendapatkan formasi. Sugiri juga mengatakan bahwa selain jumlah slot formasi pihaknya juga harus memikirkan gaji PPPK kedepannya, sebab akan dibebankan pada APBD kabupaten Ponorogo.