Jelajah

Info Percobaan Penculikan Anak di Kupuk Bungkal, Hoaks

Polres Ponorogo langsung turun tangan terkait informasi adanya percobaan penculikan anak di wilayah Kupuk Bungkal beberapa hari yang lalu, tim penyidik satreskrim memanggil sejumlah saksi, dari Kepala Desa, Kamituwo dan warga yang memposting informasi penculikan  itu di media sosial.

Hasilnya, hanya terjadi kesalahpahaman sehingga dugaan adanya percobaan penculikan tidak benar. Ipda Guling Sunaka Kanit Pidum satreskrim Polres Ponorogo menjelaskan, memang ada orang yang turun dari mobil untuk bertanya alamat kepada salah satu anak, untuk memastikan, orang tersebut menunjukan foto melalui HP ke anak tersebut. Dari peristiwa itu, ternyata tak ada ajakan agar anak kecil yang di tanyai itu masuk ke mobil, bahkan orang yang membawa mobil itu memang tamu salah satu warga Desa Kupuk.

Menurut Ipda Guling, si penanya bukan hanya bertanya satu orang, namun lebih dari satu orang, kendati begitu pihaknya tidak akan memproses penyebar isu percobaan penculikan tersebut karena hasil klarifikasi bertujuan baik mengingatkan masyarakat untuk waspada dan hati hati, mereka tidak mengetahui jika postingan tersebut bisa memunculkan keresahan warga.