Sekelompok Pemuda di Desa Pulung Merdiko Eksis di TikTok Berkat Konten Parodi

Iseng membuat vidio parodi, sekelompok pemuda di Desa Pulung Merdiko malah ketiban rejeki. Bagaimana tidak, jika awalnya mengisi waktu luang kini bisa jadi penghasilan. Konten vidio yang diunggah ke sosial media TikTok itu sudah menghasilkan jutaan rupiah dalam dua bulan terakhir. Akun Tiktok bernama Kunans sudah mempunya follower atau pengikut hingga 1 juta follower.


Kepada Gema Surya, sang konten kreator Erik Febrianto mengatakan Kunans sendiri bukan namanya melain singkatan dari kumpulan anak-anak ngopi. Didalamnya ada 17 personel untuk bisa membuat vidio parodi atau lucu-lucuan dengan tujuan menghibur masyarakat. Vidio parodi yang dibuat   dan ramai dilihat netizen TikTok adalah yang bertema pertukangan. Dari situlah, mereka memperoleh penghasilan karena sering di endorse produk-produk tertentu. Selain dapat uang, dari pengiklan juga ada dari TikTok.

Selain parodi tema pertukangan dirinya dan teman-teman juga membuat konten yang mengangkat kearifan lokal. Untuk setting tempat ya seadanya di rumah, alat-alat pertukangannya pun pinjam milik bapaknya. Dalam merekam juga hanya dengan handphone, sehingga prosesnya sangat sederhana. Dijelaskan dia hanya tamatan SMA 5 tahun lalu kemudian juga pernah bekerja jadi tim kreator Youtube. (rl)