Peringatan Hari Hipertensi, Dinkes Ajak Warga Cek Kesehatan Sejak Dini

Dinas kesehatan (Dinkes) Ponorogo meminta masyarakat tidak menyepelekan penyakit tekanan darah tinggi, hal itu disampaikan Dyah Ayu Kepala dinas kesehatan dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia di gedung Sasana praja Kamis 19 Mei 2022. menurut orang nomor satu di Dinkes itu, Hipertensi memang tidak menular, tapi wajib diwaspadai karena  jadi salah satu ‘silent killer’ di dunia.


Data di dinas kesehatan, warga penderita hipertensi baru 15 persen yang terdeteksi, padahal hipertensi tidak hanya menyerang lanjut usia namun juga usia produktif juga banyak yang sudah memiliki penyakit darah tinggi. Untuk mengantisipasinya, masyarakat bisa memeriksakan kesehatannya secara dini di layanan posbindu ( pos binaan terpadu) terdekat, yang dikelola oleh dinas kesehatan. 

Jika diketahui sejak dini mengalami hipertensi, maka bisa dikelola tekanan darahnya agar tidak terlalu tinggi, misalnya terus menerus minum obat. Dyah Ayu mengungkapkan, faktor yang mempengaruhi hipertensi diantaranya usia, obesitas, kurang aktif, merokok, terlalu banyak mengkonsumsi garam, terlalu sedikit mengkonsumsi potasium dan stress serta keturunan.