HeadlineJelajah

Volume Sampah Meningkat 70 Ton Sehari Selama Libur Lebaran

Volume sampah di Ponorogo  mengalami  peningkatan  saat Lebaran .  Lonjakan didominasi sampah rumah tangga yang mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan hari biasa .  Abri Susilo kepala UPT TPA Mrican menjelaskan pihaknya mencatat selama libur lebaran  volume sampah , mencapai 140 hingga 150 ton sehari  .

Jumlah itu naik 50 prosen dari hari hari biasa yang hanya mencapai 70 ton sehari . Untuk mengatasi volume sampah yang meningkat, puluhan petugas kebersihan dikerahkan untuk mengangkut sampah ke TPA Mrican . Sampah tersebut  diangkut dari 23 TPS yang ada diwilayah Ponorogo , pada malam hari dimana petugas harus ekstra bekerja meski masih suasana lebaran  .

Adapun penyumbang produksi sampah terbesar masih kawasan kota karena tidak memiliki lahan luas untuk menimbun sampah . Peningkatan volume sampah selalu terjadi saat lebaran dan adanya keramaian . Setiap masyarakat yang berkumpul selalu menghasilkan sampah . Apalagi lebaran jumlah pemudik juga meningkat tajam, berbeda dengan tahun lalu saat kasus covid 19 masih marak .