Cegah Hepatitis Misterius, IGTKI Meminta Orang Tua Terapkan PHBS Pada Anak-Anak

Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam mengantisipasi penularan hepatitis misterius, hal tersebut disampaikan Mukhlas Ketua IGTKI Ponorogo dimana oran tua harus mengajak putra putrinya untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain menerapkan protokol kesehatan, gerakan itu bisa dimulai dari bekal makanan yang dibawa anak-anak ke sekolah. 


Menu yang disajikan diharapkan masakan sendiri, bebas dari pengawet pewarna dan penyedap rasa berlebihan. Selama ini yang terjadi, orang tua sering memanjakan keinginan anak dengan membelikan jajanan sampah karena mereka suka, tapi ketika jajanan bikinan sendiri justru tidak mau, padahal sebenarnya hanya soal kebiasaan saja. Pihaknya terus melakukan pengawasan terkait bekal makanan sehat itu, karena masuk dalam program parenting. 

Disamping anak-anak juga diajari bagaimana mengolah makanan dan minuman yang benar dalam program merdeka belajar, dengan PHBS diyakini penyakit menular akan jauh dari anak-anak Ponorogo, bukan hanya hepatitis tapi juga penyakit serius lainnya.