Rencana Reaktivasi Jalur Kereta Api Ponorogo Madiun Dapat Dukungan Penuh Pemkab Ponorogo

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mendukung rencana PT. Kereta Api Indonesia (KAI) terkait reaktivasi jalur kereta api Ponorogo-Madiun. Bahkan reaktivasi tersebut sudah masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Nasional dan Provinsi Jawa Timur (Jatim).


Pemerintah Daerah akan mewadahi dengan aturan dan fasilitasi di mana sebagai kabupaten yang saat ini berkembang, kabar reaktivasi ini merupakan sebuah angin segar untuk Ponorogo. Di tengah semakin padatnya arus lalu lintas, memang harus ada jalur tembus untuk ke Madiun. Pasalnya selama ini hanya mengandalkan jalur darat jalan raya saja untuk menuju tol. Setidaknya membutuhkan waktu satu jam untuk sampai ke Madiun.

Bupati Sugiri Sancoko sudah mempunyai bayangan betapa indahnya jika kota Reyog kelak ada kereta apinya. Namun pengerjaan terkait jalurnya harus dipikirkan dan dikaji betul, ppakah pakai jalur lama, atau memakai jalur yang baru.

Kang Giri ingin PT. KAI mengkaji dengan serius terkait hal itu karena jalur kereta api sekarang sudah beralih fungsi menjadi tempat usaha dan tempat tinggal. (yd/rl)