HeadlineJelajah

Meningkat , Kasus Penggunaan Narkoba Di Ponorogo, Masih Di Dominasi Usia Produktif

Miris , kasus penggunaan narkoba di kalangfan generasi muda Ponorogo naik dua kali lipat .  Tahun lalu hingga bulan April hanya ada 11 kasus dengan tersangka 11 orang, sementara tahun ini di bulan yang sama , ada 20 kasus dengan 25 orang tersangka .

AKP Didik Riyanto, kasat resnarkoba Polres menjelaskan , para pelaku masih didominasi usia produktif antara 20 hingga 30 tahun .  Bukan hanya laki laki yang menggunakan dan mengedarkan barang haram tersebut tapi juga perempuan .  Terakhir pihaknya menangkap wanita dengan kondisi hamil , ikut  jadi pengedar .  Sayangnya penangkapan sejauh ini hanya pada pengedar sebab untuk bandar berada di luar daerah .

Mereka memanfaatkan  jasa kurir untuk mengirimkan barang barang tsb  dengan sistem COD . Karenanya polisi kesulitan melakukan pelacakan karena terputus pada kurir yang tidak mengetahui paket barang yang dikirim tersebut  adalah terlarang .  Lebih lanjut dikatakan saat dilakukan pemeriksaan mereka terjerumus pada penyalah gunaan narkoba karena salah pergaulan .  Banyak dari mereka dari keluarga broken home tanpa ada pendampingan orang tua .

Langkah yang dilakukan kepolisian selain menerapkan UU yang berlaku juga ada upaya rehabilitasi, sosialiasi dan edukasi kepada para generasi muda di ponorogo ,  baik melalui kegiatan kegiatan disekolah ataupun komunitas lainnya .