Pengumuman Kelulusan Tingkat SMA Akan Dilakukan Via Online

Sama seperti dua tahun terakhir, pengumuman kelulusan SMA 2022 akan dilakukan secara online. Perlu dipahami bahwa, pengumuman kelulusan SMA tahun ini masih dalam suasana idul fitri yakni tanggal 5 Mei 2022. Eko Budi Santoso Kasi SMA Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Ponorogo mengatakan, meskipun suasana masih idul fitri namun pengumuman kelulusan tingkat SMA tetap berjalan sesuai petunjuk dari kementerian.


Nantinya, pengumuman akan dilakukan secara online, bisa melalui e-mail, web sekolah atau lainnya, sehingga siswa tidak perlu datang ke sekolah. Kondisi demikian bisa meminimalisir perayaaan kelulusan siswa agar tidak berkumpul dan melakukan konvoi. Eko mengatakan yang berhak menentukan kelulusan semua diserahkan ke sekolah masing-masing atau satuan Pendidikan.

Semua standar kelulusan atau kriteria sudah standar kan masing-masing sekolah. sehingga tidak ada campur tangan oleh pihak dinas pendidikan. Saat ini pun proses pengolahan nilai bagi siswa di satuan Pendidikan masing masing. Eko melanjutkan di Ponorogo untuk pelajar kelas 12 tingkat SMA jumlah mencapai ribuan.Sementara itu di tahun 2022 ini, kegiatan purnawiyata diperbolehkan pasalnya ada kelonggaran dari satgas covid-19, namun meskipun begitu tetap sesuai protokol kesehatan. (yd/ia)