HeadlineJelajah

Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman Jika Konsumen Tidak Panic Buying

Meski ada prediksi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi nanti naik hingga 47 persen, namun pasokan BBM baik pertamax, pertalite, maupun solar, dijamin aman.

Pernyataan itu disampaikan Arya Yusa Dwi Candra, Section Head Communication & Relations PT Pertamina, selama tidak ada panic buying di kalangan konsumen. Warga diminta membeli BBM sesuai dengan kebutuhan dan jangan takut akan ada kelangkaan.

Hasil evaluasi pasca ada kenaikan harga pertamax, ada kekhawatiran pertalite langka hingga akhirnya konsumsinya meningkat hingga 30 persen begitu juga dengan solar. ketika stok aman tapi konsumsi masyarakat meningkat otomatis terjadi kekurangan. Kekurangan dalam hal ini bukan karena Pertamina mengurangi pasokan melainkan terkendala teknis pengiriman.

Bagaimana tidak jika di salah satu SPBU saja, baru dikirim satu mobil tangki sudah langsung diserbu konsumen dan habis hingga akhirnya harus bolak balik ke terminal BBM dimana butuh waktu tersendiri. Pihaknya dalam minggu ini melakukan evaluasi penjadwalan dan hitung ulang produk BBM yang meningkat dan kebutuhan masyarakat dalam satu SPBU. (rl)