APBD 2022 Hanya Alokasikan Perbaikan Satu Jembatan di Dukuh Batu Desa Slahung

Pemkab Ponorogo hanya mengalokasikan pembangunan satu jembatan saja pada tahun 2022. Jembatan tersebut berada di jalur alternatif Ponorogo-Pacitan tepatnya di Dukuh Batu Desa Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo. Henry Indrawardhana, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPU-PKP) mengatakan untuk pembangunannya diambilkan dalam APBD sebesar 800 juta rupiah.


Selain jembatan di Dukuh Batu, sebenarnya ada 7 titik jembatan lainnya yang rusak diantaranya adalah jembatan di Desa Karangpatihan, Balong, Kecamatan Mlarak, Kecamatan Pulung, Kecamatan Badegan. Namun, rusaknya jembatan tersebut ketika anggaran sudah berjalan yakni pada bulan Januari 2022. Serta ada 3 jembatan yang putus kontrak pada tahun 2021 yakni Jembatan Mijil Sawoo, jembatan Broto Slahung dan Jembatan Ngadirejo Sooko.

Menurutnya, ada 7 titik yang dimasukkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang mendapat prioritas. Kemungkinan itu bakal mendapatkan prioritas di tahun 2023. Sekedar diketahui, DPU-PKP pada tahun 2021 telah membangun 11 jembatan, dengan dana APBD 2021 sebesar Rp 10 Miliar.