Pedagang Jajan Lebaran Optimis, 2022 Idul Fitri Lebih Ramai

Bakul jajan lebaran bisa jadi tersenyum lebar di idul fitri tahun 2022. Hal ini setelah pemerintah memberikan banyak pelonggaran di era pandemi. Bahkan mereka optimis kenaikan omset sebesar 25% bisa diraih, dibandingkan 2 kali lebaran sebelumnya.


Akhyarul Pedagang Jajanan di Pasar Legi contohnya, dirinya sudah mulai mencicil untuk restok aneka jajanan baik kemasan pabrik maupun home industri. Pembeli diprediksi tahun ini lebih ramai dibandingkan tahun lalu. Meski begitu dirinya juga tidak berani kulakan terlalu banyak mengingat harga sangat fluktuatif khususnya jajanan yang diproduksi oleh industri rumahan. Kenaikan harga juga sudah terlihat pada produk jajan kemasan pabrik seperti roti dan wafer kaleng. Sementara semacam keripik, kacang kapri dan olahan industri rumahan lainya kenaikannya tipis, namun bertahap setiap harinya.

Oleh karena itu, besar harapan lebaran nanti masyarakat diperbolehkan untuk open house supaya jajanan miliknya laku terjual. Persyaratan perjalanan yang semakin mudah, membuatnya yakin jika pemudik banyak berdatangan ke Ponorogo. Akhyarul menambahkan, jika prediksinya meleset, dirinya sudah menyiapkan strategi untuk pasca lebaran.