Jelajah

Reyog Ponorogo Masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2022

Reyog Ponorogo terpilih menjadi salah satu dari 5 kabupaten/kota di Jawa Timur yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022. Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Ponorogo, Yudha Slamet Sarwo Edi, mengatakan masuknya Kabupaten Ponorogo dalam salah satu penyelenggara KEN patut dibanggakan. Nantinya, Pemkab Ponorogo akan berkolaborasi dengan Kemenparekraf untuk menyelenggarakan Festival Reyog Ponorogo.

Yudha mengungkapkan dengan adanya promosi melalui KEN 2022, nantinya diharapkan bakal mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara. Sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi serta sosial budaya. Pihaknya akan mempersiapkan sarana dan prasarana yang menunjang wisatawan yang hadir di Ponorogo.

Lanjutnya, untuk pelaksanaan Festival Reyog Nasional (FRN) diharapkan bisa masuk ke Top 10 KEN dengan catatan pelaksanaanya selalu terprogram di tanggal dan bulan yang sama di setiap tahunnya. Untuk tahun ini rencana pelaksanaanya masih menyatu dengan Perayaan Grebeg Suro, akan tetapi kedepan akan diusulkan pelaksanaanya tiap tanggal 11 Agustus bertepatan dengan HUT Kabupaten Ponorogo, sehingga Festival Reyog Ponorogo masuk ke dalam top 10 KEN.