HeadlineJelajah

Tak Ingin Hilang Ditelan Zaman, Nasidaria Qoirunisa Adakan Lomba Samproh Memperingati Isra’ Mi’raj

Musik Qosidah atau yang kerap disebut samproh mungkin di Ponorogo sudah mulai jarang menggema .  Namun hal ini tidak menyurutkan semangat warga Klepu Sooko , untuk melestarikan budaya tersebut yang hampir punah ditelan jaman .  Group Nasidaria Qoirunisa dari masjid Klepu Sooko ini menyelenggarakan lomba rebana clasik .  Group nasidaria yang didominasi ibu-ibu itu ,  mengadakan giat tersebut dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW .

Menurut Siti Marwiyah –  Ketua panitia acara mengatakan ,  selain ingin nguri-nguri budaya juga ingin memakmurkan masjid ,  karena rata-rata group samproh tersebut akan melakukan latihannya di masjid .  Lomba  rebana clasik , atau  samproh tersebut melibatkan peserta dari 3 group anak-anak dan 11 group samproh ibu-ibu se Desa Klepu .

Meski diakui tahun ioni pesertanya berkurang dibanding tahun-tahun sebelumnya . Namun pihaknya cukup bersyukur karena peserta cukup antusias dalam acara tersebut .  Selain itu, juga diadakan bazar UMKM sehingga tak heran,  acara yang diselenggarakan di SDN 1 Klepu itu cukup ramai ,  namun tetap memperhatikan protokol kesehatan .