HeadlineJelajah

Pemkab Anggarkan 13 Milyar untuk Membangun Air Mancur Menari di Telaga Ngebel

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo bakal lebih mempercantik destinasi wisata andalan yakni Telaga Ngebel. Di lokasi wisata Telaga Ngebel, tahun ini mulai dibangun air mancur menari. 

Dibutuhkan dana sebesar Rp 13 miliar untuk pembangunan air mancur tersebut. Besarnya anggaran dalam pembuatan air mancur karena digadang-gadang mirip dengan Sentosa Musical Fountain yang ada di Sentosa Island Singapura. 

Judha Slamet Sarwo Edi, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga ( Disbudparpora) mengatakan Anggaran untuk pembangunan air mancur menari ini multiyears selama dua tahap. Yakni dianggarkan di tahun 2022 sebesar 6 milyar dan 2023 yakni 7 milyar, totalnya Rp 13 miliar.

Tahap pertama tahun 2022 ini, Disbudparpora akan membangun tribun penonton di sisi telaga. Selain itu juga melakukan pembuatan dokumen seperti Master Plan (MP), Feasibility Study (FS) dari Universitas Brawijaya Malang, Detail Engineering Design (DED), serta Amdal.

Lanjut Judha untuk tahap kedua atau tahun 2023, mulai dilakukan pekerjaan fisik untuk air mancur di tengah Telaga Ngebel yang bakal menelan dana Rp 7 miliar. Mulai dari pemasangan kabel bawah air, pemasangan lampu teater, pemasangan instalasi dan pembangunan rumah panel.