Harga Kedelai Naik Ukuran Tempe Makin Tipis

Jangan protes jika ukuran tempe menjadi tipis sejak beberapa pekan terakhir. Pasalnya harga bahan baku tempe berupa kedelai mengalami kenaikan hingga Rp.11 ribu per kg-nya, padahal sebelumnya hanya kisaran Rp.8.000 hingga Rp.9.000 saja. Alhasil kalangan pengusaha tempe dibuat kelimpungan dengan kenaikan harga kedelai dan menyiasatinya dengan cara mengecilkan ukuran.


Seperti disampaikan Agung pengrajin tempe di Desa Ronosentanan Siman, pilih mengecilkan ukuran ketimbang menaikkan harga tempe. Ini karena jika dinaikkan harganya, kalangan pedagang kedelai belum punya komunitas sehingga takut tak kompak. Jika ada yang naik, ada juga yang bertahan di harga lama, tentu konsumen memilih harga yang murah.

Pihaknya tidak tahu alasan naiknya harga kedelai tapi informasinya memang dari negara pengekspor sudah mahal. Selama ini dirinya menggunakan kedelai impor dengan kebutuhan sekitar 5 hingga 6 kuintal sehari. Harapannya kedelai bisa turun di angka Rp.7.000 agar keuntungan bisa dirasakan pengrajin tempe. Kalau dengan harga saat ini, keuntungannya sangat tipis. (rl)