Akan Jadi Sentra Kelinci Pemerintah Desa Gondowido Ngebel Akan Bagikan 5 Ekor Kelinci Setiap RT

Tak hanya dikenal dengan wisata Ngambang Tirto Kencono, Desa Gondowido Ngebel tak lama lagi akan jadi sentra kelinci. Ini setelah desa yang dipimpin Baskoro Widha Mandala ini, dalam 6 bulan terakhir mengembangkan hewan pemakan sayuran dan umbi-umbian ini.


Kepada Gema Surya Kades Baskoro mengatakan, akan dikembangkan sate kelinci yang siap menjadi kuliner andalan di wilayahnya. Pihaknya sengaja mencontoh kabupaten tetangga di mana wisata yang berhawa dingin, identik dengan sate kelinci.

Tak hanya itu, kelinci ternyata juga dikembangkan sebagai hewan hias dan kotorannya juga dimanfaatkan untuk pupuk. Dijelaskan pihaknya pertama kali hanya memiliki 5 pasang ekor kelinci dan selama kurun waktu 6 bulan berkembang biak menjadi ratusan ekor.

Adapun pengembangan hewan imut dan lucu itu, tambah Baskoro akan dibagikan ke 20 RT di wilayahnya di mana satu RT dapat 4 ekor. Pihaknya mengambil dana desa sekitar 20 persen untuk program ketahanan pangan. Setelah nanti berkembang biak dengan baik, pemasarannya dilewatkan BUMDES. Warga tak perlu khawatir, karena sekarang ini saja pasar Magetan siap menampung. (rl)