HeadlineJelajah

Kualitas Ekspor, Manggis Ngebel Diburu Pengepul dari Jawa Barat

Tidak hanya terkenal dengan buah durian, Ngebel saat ini dicari para pengepul dari luar daerah karena buah manggisnya. Tak heran jika harganya saat ini diatas 20 ribu rupiah per kgnya. Hal tersebut disampaikan Mujiono, Kepala Desa Ngebel, dimana untuk kualitas super harga manggis terbilang mahal. Normalnya dibawah 15 ribu rupiah tapi sekarang sudah diatas 20 ribu rupiah per kgnya.
Para pengepul dari Jawa Barat dalam sebulan terakhir datang ke Ngebel untuk berburu manggis. Informasi yang diterimanya Manggis di kecematan Ngebel kualitasnya sangat bagus sehingga di ekspor ke luar negeri.
Tidak hanya rasa buahnya yang manis, kulitnya juga dimanfaatkan untuk bahan obat. Hanya saja sejak beberapa tahun terakhir, produksi buah manggis turun drastis. Bahkan selama pandemi banyak pohon yang tidak berbuah lagi.
Untuk itu, para petani terus berupaya mengembangkan tanaman manggis karena berapapun produksinya pasar siap menampung. Menurutnya tanaman duren dan manggis, ibaratnya raja dan ratu, yang masih menjadi incaran tidak hanya pedagang tapi juga wisatawan