HeadlineJelajah

Dukuh Pehpandan, Desa Candi Mlarak Nyaris Porak Poranda Disapu Angin Ribut

Bencana angin puting beliung menerjang Desa Candi, Mlarak, Sabtu sore (29/1) sekira jam 16.00 WIB, mengakibatkan bangunan rumah warga porak poranda. Setidaknya berdasarkan informasi yang diterima Radio Gema Surya, Ahad pagi, 30 Januari, ada 1 rumah yang roboh warga, yakni kediaman milik Boyamin Tari di Dukuh Pehpandan.

Sugeng Widodo, tokoh masyarakat setempat menyebut, puting beliung bukan hanya meluluhlantakkan 1 rumah itu saja, melainkan juga merusak 3 kandang ayam, 2 toko kelontong, merobohkan pepohonan, serta membuat kubah masjid hingga genteng rumah milik warga beterbangan.

Sekretaris Desa Candi, Yohan membenarkan kejadian tersebut. Meski durasi angin hanya 10 menit namun menyebabkan banyak pohon tumbang menutup akses jalan, listrik padam, rumah warga yang rusak juga tak terhitung jumlahnya. Dikatakan juga, yang paling parah yakni di Dukuh Pehpandan, desa setempat.

Untuk jumlah kerusakan bangunan masih dalam pendataan. Pihak desa juga berkoordinasi dengan Pemkab Ponorogo untuk pengajuan bantuan. Apalagi, rumah Boyamin yang roboh, milik warga kurang mampu.