HeadlineJelajah

Kepala Dinas Perhubungan Optimis, Februari ACS Bisa Beroperasi Kembali

Keresahan masyarakat terkait banyaknya kasus laka yang melibatkan pelajar, setidaknya mulai menemui titik terang. ACS atau Angkutan Cerdas Sekolah, rencananya akan mulai dioperasikan kembali pada pertengahan Februari mendatang. ACS ini digadang-gadang mampu jadi solusi bagi orang tua, yang tidak bisa mengantar anak-anaknya ke sekolah, namun juga enggan mengijinkan anak untuk membawa motor sendiri. Apalagi jika jarak rumah ke sekolah cukup jauh dan tidak bisa ditempuh dengan sepeda.

Endang Retno Wulandari – Kepala Dinas Perhubungan menjelaskan, sejauh ini persiapan penyelenggaraan ACS yakni sampai pada tahap survei. Dari hasil Survei nantinya diharapkan akan mendapat pendataan terkait titik pemberhentian dan jumlah siswa yang akan mengikutinya. Survei ini melibatkan siswa yang sebelumnya sudah masuk Program ACS. Setidaknya ada 6 rute yang akan diberlakukan pada awal pemberlakuan program, namun masih harus menunggu hasil survei untuk dilakukan pengembangan.

Pihaknya mengaku  survei ini dilaksanakan, sambil mempersiapkan armada serta koordinasi dengan sekolah-sekolah. Pihaknya juga yakin minimal akhir Febuari program tersebut akan bisa beroperasi kembali.

Sebelumnya program ACS sempat terhenti karena Pandemi, dan operasionalnya pun sempat mengalami refocusing untuk penanganan Covid-19.