Tunggui Anak Sekolah, Ibu-ibu Selur Ngrayun Dibikinkan Program “Macan Ternak”

Macan ternak alias “Mama cantik antar anak “ adalah wujud perhatian Pemerintah Desa Selur kecamatan Ngrayun kabupaten Ponorogo dalam meningkatkan kreativitas masyarakatnya. 


Program ini menyasar ibu-ibu rumah tangga yang biasanya berkumpul di depan TK dan SD desa setempat, ketika menunggu putra-putrinya pulang sekolah. 

Melihat pemandangan para orangtua murid hanya ngobrol dan foto-foto,  Pemdes akhirnya mengadakan pelatihan menganyam bagi para orangtua murid.

Suprapto, kepala desa Selur menjelaskan, kegiatan tersebut untuk mengisi waktu luang dan meningkatkan kreativitas serta produktivitas warga, hal ini mengingat secara geografis, jarak antara tempat tinggal dan sekolah di Selur bisa mencapai 4 kilometer,dan membutuhkan waktu lama menempuh perjalanan.

Sehingga tidak heran, ibu-ibu mereka memilih untuk menunggui anak-anaknya selesai pembelajaran tatap muka terbatas yang hanya sekitar 2 jam saja.

Kegiatan tersebut juga bekerjasama dengan Bumdes untuk menjual hasil anyaman merek. Saat ini sudah ada 3 tempat pelatihan yakni SDN 1 Selur, SDN 2 Selur, dan SDN Selur 4.