Tingkatkan Pengawasan dan Partisipasi Pemilu, Bawaslu Gencar Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula

Dalam rangka peningkatan pengawasan partisipatif, Bawaslu Ponorogo sebagai lembaga Pengawas Pemilu turut bertanggung jawab atas terciptanya proses demokrasi yang jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia.


Salah satu strategi yang dilakukan oleh Bawaslu Ponorogo yakni sosialisasi pendidikan politik yang menyasar kelompok pemilih baru. 

Menurut koordinator divisi pengawasan dan hubungan antar lembaga bawaslu, Juwaini, segmentasi sosialisasi tersebut bukan hanya menyasar sekolah yang notabene siswa-siswinya sebagai pemilih baru, namun juga semua elemen masyarakat.

Juwaini menambahkan, sosialisasi bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana peran dan perhatian Bawaslu, serta meningkatkan kesadaran politik. Mengingat, cukup banyak pelanggaran yang terjadi selama proses pemilu, seperti money politic alias politik uang.

Diharapkan berbagai pelanggaran tersebut secara bertahap akan hilang. Untuk mensukseskan bentuk optimalisasi Bawaslu, pihaknya turut menggandeng perguruan tinggi di Ponorogo sebagai fasilitator Bawaslu untuk bertemu dengan pemilih pemula.