Danau Nglebak Sooko Makin Ramai, Pengelola Ikuti Pelatihan Keselamatan Air

40 Pemuda dan Linmas Desa Ngadirojo Sooko pagi ini, Senin 24 Januari 2022 mengikuti Pelatihan Keselamatan Air di Balai Desa setempat. Pelatihan selama 2 hari tersebut bekerja sama dengan BPBD dan Satpol PP Ponorogo dengan tujuan memberikan bekal penting dalam mengelola wisata air baru yakni Danau Nglebak. Danau baru yang terbentuk lantaran dampak dari Impounding waduk bendo tersebut kian hari pengunjungnya semakin banyak.


Untuk itu, Agus Supriyanto Kamituwo Desa Setempat mengatakan, sudah saatnya ada pengelolaan yang semakin baik. Ditambah lagi keselamatan pengunjung menjadi hal yang utama diperhatikan agar tidak ada kejadian fatal yang kemungkinan terjadi. Oleh karena itu selepas pelatihan selesai dilakukan, akan dibangun 2 pos pantau. Pos pantau ini nantinya akan dijaga oleh pemuda dan linmas yang hari ini telah menerima pelatihan keselamatan air. Selain itu, pelatihan ini juga merupakan bukti nyata jika warga sekitar sungguh-sungguh ingin mengelola lokasi yang awalnya dianggap ilegal dan membahayakan tersebut.

Pak Wo menambahkan, jika pelatihan tidak hanya sebatas teori namun di hari kedua juga akan di praktekan langsung. Bahkan ada kabar jika BPBD juga akan meminjamkan 1 perahu untuk digunakan sebagai sarana rescue jika ada kejadian yang tidak diinginkan