HeadlineJelajah

Kosong, Vaksinasi Dosis Kedua Merk Sinovac Ditunda

Vaksin dosis ke dua untuk jenis merk sinovac harus tertunda seminggu. Pasalnya, saat ini stok vaksin untuk merk jenis sinovac sudah habis alias kosong.

Heni Lastari, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan, Ponorogo mengatakan setidaknya ada 20.000 sasaran vaksin sinovac yang harus tertunda. Penundaan ini dikarenakan stok vaksin habis.

Pasalnya, Desember lalu percepatan vaksinasi dosis pertama khususnya lansia mereka lebih fanatik merk sinovac dibanding merk lain.Dilanjut Heni, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Dinas Provinsi untuk memperoleh vaksin jenis sinovac.

Apalagi, saat ini lagi gencar percepatan vaksinasi dosis pertama yang lansia. Saat ini, dosis pertama lansia yang sudah tervaksin yakni 58%.

Bisa jadi, nanti vaksin jenis sinovac akan turun lagi bertepatan dengan vaksin anak usia 6 – 11 tahun. Pasalnya BPOM merekomendasikan vaksin anak usia 6 – 11 tahun menggunakan vaksin sinovac.

Namun, untuk syarat untuk bisa melakukan vaksinasi anak usia 6- 11 tahun yakni vaksinasi lansia dosis pertama 60% dan total vaksinasi semua sasaran 70% untuk dosis pertama.