AdvertorialJelajah

Selamat ! Desa Selur Raih Penghargaan Desa BRIlian se-Indonesia 2021

Luar biasa prestasi yang ditorehkan oleh desa yang berada di paling selatan Kabupaten Ponorogo, yakni Desa Selur Kecamatan Ngrayun ini. Bagaimana tidak, jika desa yang dipimpin Suprapto tersebut menjadi desa “ Brillian “ se-Indonesia tahun 202. Babak penentuan Rabu 15 Desember 2021 diselenggarakan di Jakarta. Dengan menghadirkan 16 finalis dari seluruh desa di Indonesia, yang telah melewati penjurian mulai dari batch 1, batch 2, dan batch 3.

Suprapto mengatakan untuk desanya masuk di batch 2 yang diselenggarakan pada bulan Maret 2021 dan pengumuman di bulan Oktober 2021. Suprapto menjelaskan bagaimana proses hingga akhirnya Desa Selur menjadi Desa Brilian di Indonesia. Penilaian dimulai dari program PRUKADES (produk unggulan kawasan pedesaan). Juga beberapa program yang sudah terdata dengan baik oleh Pemdes Selur. Kemudian efisiensi produk tersebut ke depan bisa bermanfaat bagi masyarakat, serta memiliki dampak yang positif.

Tak ketinggalan juga termasuk program-program desa termasuk potensi – potensi desa Selur menjadi sebuah nilai tambah tersendiri. Selain itu, adanya Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), UMKM, produk instan, empon-empon, termasuk juga kerajinan, serta kelompok ternak kambing yang mempunyai 46 kelompok yang melibatkan juga perguruan tinggi membuat Desa Selur dinobatkan menjadi desa Brilian 2021.

Suprapto mengatakan penghargaan sebagai desa Brillian ini akan digunakan sebagai modal dan motivasi agar ke depan desa Selur lebih berinovasi.Tujuan akhirnya, kehadiran program-program tersebut manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.