HeadlineJelajah

Terkendala Vaksinasi Capaian Total Dosis Pertama Dan Khusus Lansia , Ponorogo Belum Bisa Vaksinasi Usia 6-11 Tahun

115 kabupaten atau kota Se Indonesia mulai selasa 14 Desember 2021 secara serentak melakukan Vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun .  Hanya saja untuk kabupaten ponorogo belum bisa melaksanakan kegiatan tersebut , pasalnya syarat dari kementerian kesehatan untuk bisa melakukan vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun ,capaian vaksinasi dosis pertama global yakni 70 persen dan lansia mencapai 60 persen .

Heni Lestari kabid Pencegahan dan Pengendalian penyakit dinas Kesehatan mengatakan saat ini capaian vaksinasi kabupaten Ponorogo mencapai 60 persen dan lansia baru 38 persen .  Sehingga itu kendalanya mengapa kementerian kesehatan tidak memilih kabupaten Ponorogo untuk melakukan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun.

Lanjut Heni, untuk sekarang ini pihaknya fokus vaksinasi lansia agar capaian menjadi 40 persen yang dampaknya membuat ponorogo akan naik level PPKM menjadi level 2 sambil mengejar angka capaian vaksinasi 70 persen untuk umum .  Sehingga pihaknya harus bersinergi untuk Menyegerakan masyarakat divaksin serta bahu membahu untuk cakupan vaksinnya . Heni mengungkapkan, nantinya penggunaan vaksin COVID-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun adalah vaksin Sinovac, Coronavac, dan vaksin Covid-19 dari Bio Farma.

Berdasarkan data di Dispendukcapil ada 74 ribu sasaran anak yang bisa menerima vaksin .  Pelaksanaan nanti bisa dilakukan di Puskesmas, rumah sakit, layanan kesehatan, klinik, sekolah maupun lembaga berbasis kesejahteraan sosial anak .