Jelajah

BPBD Ponorogo Tidak Punya Alat Berat, Arim Kamandaka: Tahun Depan Harus Punya

Awal musim hujan ini, terpantau kasus bencana alam mulai terjadi di beberapa kawasan di Ponorogo. Salah satunya yang masih menjadi perhatian adalah kejadian longsor di kawasan Tugurejo Slahung. Dalam penanganannya, BPBD sempat terkendala dengan tidak memiliki alat berat sendiri. Sehingga jika ada proses evakuasi yang membutuhkan alat berat, pihaknya harus menyewa ke pihak ketiga.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Arim Kamandaka mengakui, memang selama ini jika ada kasus bencana pihaknya harus menyewa alat berat ke sejumlah CV yang ada di Ponorogo. Sudah pasti ini membutuhkan waktu persiapan dan biaya sewa. Selain itu, dalam kondisi tertentu tidak adanya alat berat sendiri juga membuat proses evakuasi menjadi terlambat.

Oleh karena itu,  pihaknya tidak pernah putus asa dengan terus mengusulkan ke Pemkab Ponorogo. Diarapkan, tahun depan setidaknya bisa terealisasi satu alat berat sudah dimiliki oleh BPBD. Sehingga jika dibutuhkan tidak perlu repot harus mencari sewaan ke pihak ketiga dan penangan menjadi lebih cepat.