Kalangan Peternak Ayam Petelur Ponorogo Sepakat Kompak Satu Harga

Kalangan peternak ayam petelur di Ponorogo sepakat melakukan harmonisasi harga ditengah kenaikan harga telur sejak beberapa hari terakhir Eni Kustianingsih, salah satu peternak mengaku harmonisasi harga tersebut adalah menyamakan harga antar peternak satu dengan lain. Sehingga tidak ada lagi peternak yang menjual harga rendah begitu juga sebaliknya menjual dengan harga tinggi. Jika ada yang terbukti menurunkan harga, maka akan ada sanksi dari paguyuban. Tak heran mulai bulan ini harga telur ayam di tingkat kandang rata rata sama baik di Blitar, Magetan hingga Ponorogo.


Disinggung kenaikan harga lanjut Eni, karena banyak peternak ayam petelur yang gulung tikar sehingga populasi ayam juga turun hingga 20 persen. Padahal saat ini serapan pasar cukup baik. Sementara hingga rabu siang, untuk harga ditingkat kandang sudah mencapai 22,500 rupiah. Kalangan peternak lanjutnya, juga mengajukan HPP ke pusat dari 19.000 menjadi 22-24 ribu rupiah menyesuaikan harga pakan.

Sekedar mengetahui jika harga telur ayam sempat anjlok hingga 3 bulan, dengan harga kurang dari 18 ribu rupiah per kgnya. Oleh karena itu banyak peternak yang akhirnya tutup kandang menyusul terus merugi. Anjloknya harga saat itu karena serapan pasar rendah, sementara terjadi perang harga antara peternak lokal dengan luar daerah.