Anggaran Dipakai Untuk Covid, ACS Tak Bisa Beroperasi Tahun Ini

Dinas Perhubungan  Dishub memastikan belum bisa mengoperasionalkan lagi angkutan cerdas sekolah-ACS tahun ini .  Ini setelah anggaran untuk menjalankan 43 armada  angkutan gratis  para pelajar ke sekolah tersebut , sudah dialihkan untuk penanganan covid 19.


Suwanto Kabid Angkutan Umum mengakui anggaran  900 juta rupiah yang sedianya untuk ACS  direfocusing .  Apalagi , ada peraturan SKB 4 menteri yang menyebutkan saat pandemi  siswa tidak diizinkan untuk naik angkutan umum .  Pihaknya juga telah melakukan survey ke sekolah yang siswa langganan ACS  .

Dan ternyata mayoritas pihak sekolah dan wali murid juga melarang siswa untuk naik angkutan umum . Kendati begitu , karena banyak desakan agar diaktifkan kembali ,  pihaknya mengusulkan ke Tim anggaran pemerintah daerah ( TAPD) agar anggaran ACS tahun 2022 diadakan lagi .

Sebelumnya jajaran Satlantas Polres  Ponorogo , meminta pemkab mengaktifkan kembali angkutan cerdas sekolah ACS .  Pasca digelar pembelajaran tatap muka -PTM disekolah, banyak kasus lakalantas yang melibatkan kalangan pelajar .  Bahkan 3 pelajar meninggal dunia , saat berangkat ke sekolah  mengendarai sepeda motor .