10 Karung Isi Pasir Ditemukan Dalam Saluran Air Kawasan Alon-Alon, Indikasi Penyebab Banjir

Terkuak kenapa kawasan Alon-Alon Ponorogo sering terendam banjir, hasil kerja bakti pembersihan gorong-gorong saluran air oleh pihak terkait pada Selasa 2 November 2021, ditemukan sumbatan berupa 10 karung berisi pasir, hanya saja tidak diketahui pasti apakah keberadaan penempatan karung pasir tersebut faktor kesengajaan atau bukan. 


Sapto Jatmiko Kepala dinas Lingkungan hidup mengatakan, Bupati Sugiri memerintahkan 3 OPD yakni Dinas lingkungan hidup, BPBD dan PUPR untuk mengatasi banjir di sekitar Alon-Alon setiap hujan datang, karenanya tahap pertama dilakukan membersihkan gorong gorong dan saluran air. Saat membersihkan saluran air bagian barat tiba-tiba ditemukan banyak karung berisi pasir, selain itu juga banyak sampah dari dedaunan hingga bekas plastik minuman dan makanan anak-anak. 

Setelah sampah-sampah dan karung tersebut dibersihkan, aliran air menjadi lancar, sehingga pihaknya yaki pasca dibersihkan, banjir di kawasan Alon-Alon sudah teratasi. Sapto menambahkan setelah kawasan Alon-Alon pihaknya juga akan menyisir saluran air di wilayah perkotaan seperti Jl.Jaksa Agung dan Raden Saleh.