Jelajah

Musim Penghujan Datang, Warga Berburu Bibit Alpukat Aligator

Musim penghujan identik dengan saat bertanam. Sejumlah pengusaha bibit tanaman, mengaku permintaan sudah mulai naik. Rata-rata konsumen Ponorogo memilih jenis tanaman yang menghasilkan buah. Seperti dikatakan Zaky Arista, salah satu penjual bibit tanaman di kelurahan Kertosari, yang diburu warga akhir-akhir ini adalah bibit alpukat Aligator.

Pasalnya, 2 tahun dengan perawatan maksimal dan teknologi, pohon alpukat Aligator sudah berbua. Selain itu, konsumen tak perlu repot menyediakan lahan yang luas, cukup bertanam dengan media pot, bibit alpukat jenis Aligator tersebut bisa tumbuh dengan baik. Dengan tinggi hanya 1 meter, dan diameter pohon 3 centimeter dalam 2 tahun mampu menghasilkan buah yang bobotnya sama dengan jenis alpukat yang ditanam di lahan.

Hanya saja untuk jumlah buahnya maksimal 50 persen dari yang ditanam pada umumnya. Selain alpukat, tanaman lain yang diburu adalah durian. Pihaknya ready dari ukuran 50 cm hingga 1,5 meter. Tapi biasanya konsumen lebih suka membeli dengan ukuran yang besar karena tidak telaten menunggu terlalu lama.