HeadlineJelajah

Motor Anak Kena Tilang, Satlantas Wajibkan Ortu Ambil Kendaraan di Satlantas

Anak polah bapak kepradah, kiasan jawa tersebut tampaknya cocok untuk menggambarkan situasi di Satlantas Polres Ponorogo.

Itu karena, orang tua sibuk ngurusi pengambilan motor yang kena tilang saat dibawa anak-anaknya ke sekolah maupun untuk balapan liar.

Tiap paginya, tak kurang dari 10 motor yang ditilang polisi karena dikendarai pelajar dibawah umur. Kasatlantas Polres Ponorogo, AKP Ayip Rizal menjelaskan, pasca kena tilang, motor bisa diambil lagi asalkan bersama orang tuanya.

Saat pengambilan motor di Satlantas itulah, orang tua diedukasi agar tidak mudah memberikan motor ke anak-anaknya yang masih di bawah umur.

Orang tua tetap harus memikirkan solusi terbaik agar anaknya bisa berangkat ke sekolah dengan aman dan nyaman. Apalagi saat PPDB lalu dilakukan sistem zonasi, sehingga tidak ada lagi alasan jarak rumah dan sekolah jauh.

Pihaknya prihatin, ketika laka lantas terus terjadi dengan korbannya anak-anak di bawah umur. Selain melakukan edukasi ke orang tua, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak sekolah.