Jelajah

Ngrupit dan Pintu Jenangan, Wilayah Paling Parah Terdampak Hujan Angin

Ngrupit dan Pintu Jenangan menjadi wilayah paling parah  terdampak hujan angin yang terjadi Jumat (30/10) sore. Data yang disampaikan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Setyo Budiono, ada 8 kejadian akibat bencana tersebut, diantaranya genting rumah rontok, pohon tumbang, kandang  roboh dan fasilitas umum rusak.

Dijelaskan jika hujan disertai angin kencang karena bencana  hidrometeorologi. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian di perkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Pihaknya sudah melakukan langkah evakuasi terhadap pohon tumbang disejumlah titik untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas. Sedangkan untuk rumah rusak masih di inventarisir jumlah kerugian untuk dilaporkan ke Pemkab Ponorogo, warga diminta untuk selalu waspada karena fenomena elnina akan berpengaruh pada cuaca ekstrim seperti curah hujan tinggi disertai angin kencang.

Sementara, Kapolsek Jenangan, AKP Supardi mengatakan hasil pendataan yang dilakukan kerugian ditaksir mencapai Rp 15 juta. Pihaknya menghimbau, apabila sedang dalam perjalanan dan turun hujan deras disertai angin kencang, maka segeralah mencari posisi aman, untuk mengantisipasi adanya pohon tumbang. Dan jika disekitar rumah mendapati pohon lapuk ataupun rimbun, diharapkan melakukan pemangkasan.