HeadlineJelajah

Tercebur Sumur 12 Meter, Wanita ODGJ Asal Krebet Jambon Hanya Luka Lecet

Proses evakuasi terhadap Eka Novia Susanti, Orang Dengan Gangguan Jiwa ( ODGJ ) asal dukuh Gelangan desa Krebet Jambon yang tercebur sumur Ahad siang, 24/10/2021, berlangsung lama. Ini setelah wanita 28 tahun itu, tidak mau diangkat memakai tali untuk bisa dikeluarkan dari sumur sedalam 12 meter tersebut. 

Akibatnya evakuasi berjalan hampir 2 jam, dari pukul 15.30 WIB hingga 17.30 WIB, atau adzan magrib baru berhasil dikeluarkan dari sumur. Iptu Nanang Budianto, Kapolsek Jambon mengatakan, korban bersedia dikeluarkan setelah dibujuk petugas kesehatan Puskesmas setempat. Yang bersangkutan kebetulan yang merawat ODGJ tersebut selama 10 tahun terakhir. 

Setelah ikut turun ke dalam sumur, ODGJ yang akrab dipanggil Santi tersebut mau dikeluarkan oleh petugas BPBD. Lebih lanjut dikatakan pihaknya tidak tahu pasti apakah Santi sengaja menceburkan diri ke dalam subur atau terperosok. Pasalnya tidak ada satupun saksi yang mengetahui. Ahad siang sekitar pukul 14.00 WIB, orang tuanya mencari kemana-mana tidak menemukan. 

Tiba-tiba ibunya mendengar teriakan anaknya tersebut dari dalam sumur, sehingga minta bantuan tetangga. Kemudian tetangga melaporkan kejadian itu ke Polsek Jambon. Pasca diangkat dari dalam sumur, Santi dilarikan ke RSUD dr. Harjono. Uniknya, meski jatuh dengan kedalaman 12 meter, hanya mengalami luka lecet pada pinggang dan lebam mata sebelah kanan.