Rumah ODGJ di Ngabar Siman Terbakar, Diduga Lupa Matikan Tungku Api

Tiada hari tanpa kasus kebakaran di Ponorogo . Kali ini menimpa rumah Suratin, warga RT 01 RW 02 Dusun 2 Ngabar Siman, Rabu malam, 20/10/2021, sekitar pukul 21 .00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan polisi, tapi kuat dugaan karena pemilik rumah lupa mematikan tungku api. Frangky, komandan regu Damkar Satpol PP Pemkab menjelaskan kronologis peristiwa itu, dimana pihaknya menerima laporan dari warga  sekitar pukul 21.47 WIB.


Hanya saja ketika sampai di lokasi, api sudah nyaris meluluh lantahkan semua isi bangunan. Pihaknya terkendala lokasi rumah yang masuk gang sempit sehingga kendaraan Damkar tidak bisa masuk. Api berhasil dipadamkan sempurna  satu jam kemudian. Lebih lanjut dikatakan, berdasarkan informasi dari warga, korban selama ini hidup seorang diri karena merupakan penderita gangguang jiwa- ODGJ. Karenanya isi rumah, hanya tumpukan sampah namun demikian karena bangunan ludes terbakar kerugian diperkirakan mencapai 47 juta rupiah.

Sementara Iptu Yoyok Wijanarko, Kapolsek Siman mengatakan, hasil olah TKP sementara dugaan penyebab kebakaran karena korban lupa mematikan tungku. Kejadian tersebut sebenarnya sudah kali kedua, dimana sebelumnya berhasil diketahui tetangga sehingga bisa dipadamkan segera. Namun kali ini karena kejadiannya malam hari, luput dari pengawasan. Bu Suratin merupakan ODGJ, suaminya sudah lama meninggal dunia. Memiliki 2 orang anak yang hidup bersama saudara bu Suratin. Sebenarnya untuk makan minum sehari-hari sudah dikirim kerabat dan tetangga, namun yang namanya ODGJ, sulit untuk diberi pemahaman agar tidak memasak. Tungku api tersebut letaknya bukan di dapur melainkan di teras rumah.