Postingan Tumpukan Sampah di Tambak Kemangi Viral, DLH Turun Tangan Bersihkan dan Edukasi Masyarakat

Postingan tumpukan sampah di grup Facebook PO942 mendapat jawaban dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ponorogo, dengan menggelar giat bersih-bersih sungai pada Ahad (17/10). Hal itu langsung disampaikan Kepala DLH Ponorogo Sapto Jatmiko, di mana bukan hanya giat bersih-bersih saja yang dilakukan tetapi juga melakukan edukasi kepada masyarakat.


Kurang lebih 200 personel dari masyarakat sekitar dan satgas sungai, turun langsung untuk membersihkan mulai dari Tambak Kemangi sampai dengan depan mal PCC. Sapto mengatakan, giat ini agar bersih dari deterjen, zat pewarna, maupun sampah plastik yang selalu memenuhi sepanjang aliran sungai.Aliran dari rumah tangga yang paling banyak mengalir ke sungai, untuk itu juga dilakukan edukasi agar tidak membuang sampah.

Sapto juga mengajak semua masyarakat untuk sadar sampah, diantaranya memilih jenis sampah misalnya plastik, botol, kardus, karena kalau dikumpulkan bisa menjadi nilai ekonomis. Sementara seperti pampers yang termasuk residu sampah itu baru kewenangan DLH yang bisa dijadikan briket. (ab)