Jelajah

Pemdes Dayakan Badegan Akan Bongkar Rumah Yahmi dan Surip, 2 ODGJ Asal Krincing Watu Agung Dayakan

Pasca viral di media sosial terkait 2 ODGJ, Yahmi dan Surip, warga  lingkungan Krincing dukuh Watu Agung desa Dayakan Bagedan, pemerintah desa akhirnya turun tangan. Desa yang dipimpin Syahroni tersebut akan membongkar rumah yang selama ini ditempati dan berencana membawanya ke Rumah Sakit Jiwa Solo. Dalam video  disebutkan kedua kakak beradik dengan gangguan jiwa itu menempati rumah tak layak huni.

Kepada gema surya,  Kades Syahroni mengakui keberadaan mereka baru terpantau karena tidak ada laporan dari RT setempat. Padahal setiap bulan di tanggal 14, ada Posyandu ODGJ. Tapi memang vakum sejak adanya pandemi. Tiba-tiba ramai di media sosial, tentang keduanya yang hidup dengan kondisi memprihatinkan. Setelah di cek, sebenarnya terdaftar sebagai penerima BPNT dan rumah yang dihuni itu, sempat mendapat program bedah rumah di tahun 2016.

Karena tidak normal, rumah tersebut sering dirusak sendiri oleh penghuninya bahkan ketika dibantu alas tikar justru dibakar. Kemarin sudah ada pembicaraan dengan desa, keluarga dan tokoh masyarakat, jika rumah yang ditempati saat ini, dibongkar saja, kemudian keduanya diserahkan ke anggota keluarga lain, sambil pihaknya mengurus BPJS agar bisa diobatkan ke RSJ Solo.