Angin Kencang, BPBD Minta Masyarakat Waspadai Kebakaran dan Pohon Tumbang

BMKG merilis terkait dengan cuaca yang patut diwaspadai selama sepekan ke depan yakni angin kencang. Angin kencang tersebut merupakan salah satu dampak dari siklon tropis canthu yang terjadi pada tanggal 8-9 September 2021. Meski sudah berlalu, dampaknya masih akan terasa selama sepekan ke depan.


Setyo Budiono, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD mengimbau kepada warga masyarakat di Ponorogo untuk waspada kebakaran dan pohon tumbang sebagai akibat angin kencang tersebut. Hal ini lantaran pihaknya sudah menerima pemberitahuan dari BMKG per 7 September 2021, jika Ponorogo merupakan daerah yang berpotensi besar terjadi angin kencang. Bahkan sudah bisa dirasakan sejak beberapa hari yang lalu.

Berdasarkan data, Setyo Budiono menambahkan jika ada kejadian kebakaran rumah dan mobil terjadi secara beruntun. Jika kondisi angin tidak terlalu kencang kemungkinan kebakaran tidak meluas secara cepat. Belum lagi kasus kebakaran hutan yang juga sudah mulai terdeteksi.

Terakhir tercatat juga ada pohon tumbang di jalan Ponorogo – Madiun yang sempat mengganggu arus lalu lintas. Oleh karena itu, pihaknya juga sudah siaga jika sewaktu-waktu ada kejadian darurat, meski tetap harus berkutat dengan pandemi juga. (rl/ab)