HeadlineJelajah

Ribuan Tenaga Kesehatan Akan Disasar Vaksinasi Dosis Ketiga

Dinas kesehatan ancang-ancang akan memberikan vaksinasi dosis 3 atau Booster kepada tenaga kesehatan dalam pekan ini, Vaksinasi dosis 3 tersebut menggunakan vaksin merk Amerika Serikat yakni Moderna. Heni lestari Kabid Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan mengatakan, beberapa waktu lalu vaksin merk Mordena datang 250 vial dosis, nantinya 250 vial dosis itu bisa menyasar 3500 tenaga kesehatan karena 1 vial dosis morderna diperkirakan bisa digunakan sekitar 14 orang, sedangkan dalam datanya ada sekitar 5000 tenaga kesehatan yang akan menjadi target vaksinasi

Lanjut Heni, untuk nakes yang yang baru saja terpapar Covid-19 tidak diizinkan dulu mengikuti vaksinasi dosis 3 dengan menunggu sembuh 3 Bulan terlebih dahulu.  Rencananya dalam Minggu ini pihaknya akan mengalokasikan vaksin merk moderna ke RSUD dr. Harjono, setelah itu untuk Puskesmas dialokasikan sesuai jumlah tenaga kesehatan yg akan disuntik.

Sementara itu penyimpanan untuk vaksin merk Moderna jika dalam keadaan beku akan disimpan di suhu dibawah 15 derajat, sehingga bisa bertahan lebih lama. Namun jika vaksinasi tersebut sudah cair maka jangka waktu penggunaan hanya 1 Bulan.