Jelajah

Idul Adha Tahun Ini RPH Difungsikan Untuk Penyembelihan Hewan Kurban

Keberadaan rumah potong hewan (RPH) di Jl. Sumatra Banyudono Ponorogo yang sudah lama mangkrak akhirnya berfungsi lagi, ini setelah banyak warga yang memanfaatkannya untuk kegiatan penyembelihan hewan kurban. Wikan Dediastuti Kasi Keswan dan Kesmavet Bidang PKHP Kesehatan Hewan dan Perikanan (Dipertahankan) mengatakan kondisi tersebut berbeda dengan Hari Raya Idul adha Tahun lalu.

Tahun lalu warga masih enggan menggunakan RPH sebagai tempat penyembelihan hewan kurban. namun tahun ini sudah banyak yang menggunakannya menyusul adanya himbauan selama pandemi ini. Catatan yang ada, hari pertama Idul Adha ada 5 ekor sapi yang disembelih di RPH dan hari kedua ada 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Pihaknya tidak memungut retribusi apapun alias gratis.

Hanya saja Pemerintah hanya menyediakan tempatnya sementara mereka membawa tim penyembelihan sendiri, agar tidak terjadi penumpukan orang dijadwal pagi hingga sore hari. Lebih lanjut dikatakan pantauannya selain RPH Jl. Sumatera yang dimanfaatkan juga ada RPH milik swasta yang dipilih warga sebagai tempat penyembelihan.