Jelajah

Penerima BST dan PKH Bulan Juli Dapat Bonus Beras 10 Kg

Di masa PPKM Mikro, bantuan pemerintah terus digelontorkan. Salah satunya Bonus beras 10 kg yang disalurkan melalui Bulog. Rencananya bonus tersebut diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat BST dan PKH pada bulan Juli 2021 ini. Terkait hal tersebut, Eko Miranto, Kepala Bulog Sub Divre 13, yang meliputi Ponorogo, Madiun dan Pacitan sudah meminta data ke Pihak Dinas Sosial. Khusus untuk wilayah Ponorogo, sesuai dengan data yang diterima dari Dinsos jumlah total beras yang akan dibagikan 1500 Ton.

Beras tersebut saat ini masih dalam proses packing. Nantinya setiap 1 pack diisi beras 10kg dengan kualitas medium bagus. Sementara terkait ketersediaan, lanjut Eko, meski ada bonus untuk bantuan sosial, ketersediaan di Bulog sangat melimpah. Sehingga bukan menjadi masalah jika harus menyalurkan 1500 ton untuk bulan Juli ini. Terkait waktu penyaluran, pihaknya menunggu instruksi lebih lanjut dari Dinsos. Pastinya akan disalurkan secara bertahap untuk setiap Kecamatan.

Sementara itu, Supriyadi Kepala Dinas Sosial Ponorogo, mengaku belum menerima petunjuk teknis ( juknis ) resmi terkait bonus beras tersebut. Hingga Jumat 09 Juli 2021, pihaknya masih menunggu surat resmi dari pemerintah pusat. Terkait siapa saja yang mendapat bonus, pihaknya juga belum bisa memastikan. Hal ini karena bisa jadi tidak semuanya akan mendapat bonus tersebut khususnya yang BST. Meski begitu, jika memang nanti semua KPM mendapat bonus tersebut baik yang BST dan PKH, jumlahnya akan sangat banyak.

Saat ini yang masuk di data Dinsos Keluarga penerima Manfaat ( KPM )penerima Program Keluarga harapan ( PKH ) sebanyak 43 ribu ribu, sedangkan untuk Bantuan Sosial Tunai ( BST ) 15 ribu. Sehingga, warga masyarakat diminta bersabar, yang jelas bonus beras tersebut dipastikan ada dan secepatnya akan dibagikan jika juknis sudah turun.